STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan Sudut, serta menentukkan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR
5.3 Melukis Sudut
5.4 Membagi Sudut
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
1. Melukiskan sudut yang besarnya diketahui dengan menggunakan jangka dan busur
2. Membagi sudut sama besar dengan menggunakan jangka
MATERI AJAR
Sudut - sudut Istimewa
METODE PEMBELAJARAN
diskusi, persentasi, pemberian tugas
LANGKAH - LANGKAH KEGIATAN
1. Pendahuluan
Apersepsi : sebelum memulai pelajaran mengenai melukis dan membagi sudut, siswa dibantu oleh guru untuk mengingat kembali apa itu sudut dan sifat - sifatnya.
Guru mengajar para siswa untuk menemukan sudut - sudut di ruang kelas atau pun membentuk sudut dengan tubuh mereka.
Sudut terbagi menjadi sudut tumpul, sudut lancip dan sudut istimewa.
Setelah guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi sebelumnya, selanjutnya guru melanjutkan ke materi selanjutnya yaitu mengenai melukis dan membagi sudut sama besar.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Guru memberikan tayangan video kepada siswa tentang cara melukis dan membagi sudut sama besar. Dan mengajak siswa untuk melakukan hal yang sama seperti yang terdapat dalam video tersebut.
DOWNLOAD
DOWNLOAD
Guru menayangkan satu persatu video atau cara melukis
sudut tersebut, dimulai dari sudut 90 derajat, 60 derajat, memindahkan sudut,
dan yang terakhir cara membagi sudut sama besar. Sembari video diputar, siswa diajak
untuk melakukan hal yang sama di meja masing - masing dengan alat dan bahan
yang sebelumnya telah dibawa oleh siswa. Saat siswa mencoba untuk melukis dan
membagi sudut, guru mengawasi dan memberikan arahan.
Setelah siswa mampu mengikuti kegiatan yang terdapat
dalam video, yaitu mampu melukis sudut 90, 60, memindah sudut dan membagi
sudut. Dari kegiatan yang telah dilakukan, siswa dapat membuat sudut lainnya.
Misalnya sudut 135 derajat, yang dapat dibuat dari menggabungkan sudut 90 dan
45. Maka guru memberikan tantangan kepada siswa untuk mencari beberapa sudut
lainnya yang dapat dilukiskan dengan cara - cara yang telah diajarkan
sebelumnya. Guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok.
b. Elaborasi
Perwakilan kelompok siswa mempresentasikan hasil
kerjanya.Guru memancing interaksi antar siswa / kelompok.
c. Konfirmasi
Guru menerangkan sudut - sudut manasaja yang benar
dari semua jawaban yang diberikan para siswa dan membimbing siswa menyimpulkan
hasil diskusi tersebut.
d. Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta menyimpulkan
kembali apa yang telah dilakukan sebagai bahan refleksi. Guru memberikan
tugas (PR).
E. Alat dan sumber belajar : Busur, Jangka, Penggaris, Buku teks,
video, PowerPoint.
F. Penilaian : Teknik penilaian : test. Bentuk instrumen :
Pertanyaan tertullis.
SUMBER : http://youtu.be/nAlsI9sepfY
No comments:
Post a Comment