MELUKIS DAN MEMBAGI SUDUT

STANDAR KOMPETENSI 

5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan Sudut, serta menentukkan ukurannya.


KOMPETENSI DASAR

5.3 Melukis Sudut

5.4 Membagi Sudut

 

TUJUAN PEMBELAJARAN 

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :

1. Melukiskan sudut yang besarnya diketahui dengan menggunakan jangka dan busur

2. Membagi sudut sama besar dengan menggunakan jangka 

 

MATERI AJAR

Sudut - sudut Istimewa


METODE PEMBELAJARAN

diskusi, persentasi, pemberian tugas


LANGKAH - LANGKAH KEGIATAN

1. Pendahuluan 

Apersepsi : sebelum memulai pelajaran mengenai melukis dan membagi sudut, siswa dibantu oleh guru untuk mengingat kembali apa itu sudut dan sifat - sifatnya. 

Guru mengajar para siswa untuk menemukan sudut - sudut di ruang kelas atau pun membentuk sudut dengan tubuh mereka.



Sudut terbagi menjadi sudut tumpul, sudut lancip dan sudut istimewa. 


Setelah guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi sebelumnya, selanjutnya guru melanjutkan ke materi selanjutnya yaitu mengenai melukis dan membagi sudut sama besar.


2. Kegiatan Inti

a. Eksplorasi

Guru memberikan tayangan video kepada siswa tentang cara melukis dan membagi sudut sama besar. Dan mengajak siswa untuk melakukan hal yang sama seperti yang terdapat dalam video tersebut.



DOWNLOAD



DOWNLOAD



Guru menayangkan satu persatu video atau cara melukis sudut tersebut, dimulai dari sudut 90 derajat, 60 derajat, memindahkan sudut, dan yang terakhir cara membagi sudut sama besar. Sembari video diputar, siswa diajak untuk melakukan hal yang sama di meja masing - masing dengan alat dan bahan yang sebelumnya telah dibawa oleh siswa. Saat siswa mencoba untuk melukis dan membagi sudut, guru mengawasi dan memberikan arahan.

Setelah siswa mampu mengikuti kegiatan yang terdapat dalam video, yaitu mampu melukis sudut 90, 60, memindah sudut dan membagi sudut. Dari kegiatan yang telah dilakukan, siswa dapat membuat sudut lainnya. Misalnya sudut 135 derajat, yang dapat dibuat dari menggabungkan sudut 90 dan 45. Maka guru memberikan tantangan kepada siswa untuk mencari beberapa sudut lainnya yang dapat dilukiskan dengan cara - cara yang telah diajarkan sebelumnya. Guru dapat membagi siswa dalam beberapa kelompok.

b. Elaborasi
Perwakilan kelompok siswa mempresentasikan hasil kerjanya.Guru memancing interaksi antar siswa / kelompok.

c. Konfirmasi
Guru menerangkan sudut - sudut manasaja yang benar dari semua jawaban yang diberikan para siswa dan membimbing siswa menyimpulkan hasil diskusi tersebut.

d. Penutup
Dengan bimbingan guru, siswa diminta menyimpulkan kembali apa yang telah dilakukan sebagai bahan refleksi. Guru memberikan tugas (PR).

E. Alat dan sumber belajar : Busur, Jangka, Penggaris, Buku teks, video, PowerPoint.

F. Penilaian : Teknik penilaian  : test. Bentuk instrumen  : Pertanyaan tertullis.

SUMBER : http://youtu.be/nAlsI9sepfY

No comments:

Post a Comment